Tips Promosi di YouTube untuk Memperluas Pemasaran

Promosi di YouTube


Seorang pebisnis biasanya akan selalu berusaha untuk memperluas jangkauan pemasaran supaya bisnis mereka bisa berkembang, oleh karena itu mereka selalu melakukan promosi, baik itu promosi menggunakan artikel yang diposting di website mereka atau promosi di youtube menggunakan video.

Hal ini sangatlah wajar karena dengan mendapatkan perkembangan maka profit juga akan meningkat. Seseorang yang berbisnis di internet akan mempromosikan bisnisnya dengan memanfaatkan website, mereka juga biasanya mereka juga menawarkan produknya di social media seperti facebook, twitter, youtube dan lainnya. Apakah kamu juga sudah mempromosikan produk kamu di social media…?

Mungkin kita sudah sangat familiar dengan social media seperti facebook, instagram, twitter dan lainnya. Seringkali pada saat kita menggunakan social media untuk berinteraksi dengan teman selalu ada iklan, sehingga pengguna media social sudah mengetahui konten yang kita gunakan untuk promosi adalah iklan.

Oleh karena itu, seringkali iklan yang dipasang di media social tidak efektif untuk menjaring customer. Hal inilah yang menuntut kita harus mencari cara lain untuk mempromosikan produk atau bisnis kita. Salah satu cara yang bisa kamu coba yaitu promosi bisnis di YouTube.

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan YouTube yang merupakan layanan hosting video yang digunakan untuk membagikan video. Semua orang menggunakan YouTube dengan tujuan untuk menonton atau berbagi video.

Seperti yang kita ketahui bahwa YouTube ini sangat memungkinkan kita untuk berinteraksi, berbagi video, dan kita juga bisa membuat konten video. Dengan semua kelebihan yang dimiliki oleh YouTube, maka akan menjadi pilihan yang tepat jika kita memilih YouTube sebagai media promosi untuk memperluas pemasaran.

Oleh karena itu, kali ini saya akan memberikan tips promosi di YouTube dan saya juga akan memberi tau kamu apa saja yang akan kamu dapatkan jika kamu memanfaatkan YouTube untuk mempromosikan bisnis kamu. Selain itu saya juga akan memberikan saran supaya kamu bisa menghindari masalah yang menjadi rintangan untuk berpromosi di YouTube.

Memanfaatkan Youtube sebagai media promosi

Promosi di YouTube

Harus kamu ketahui bahwa YouTube memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak, yaitu hampir sepertiga pengguna internet menggunakan YouTube, dan setiap jam ada ratusan juta video yang ditonton di YouTube. Selain itu, waktu menonton video di YouTube mengalami kenaikan sebanyak 50% dari tahun ke tahun.

Apabila kita melihat pertumbuhan YouTube yang mengalami kenaikan yang sangat signifikan setiap tahunya, maka YouTube merupakan sebuah solusi untuk kamu yang ingin mempromosikan bisnis kamu. Jika kamu tergoda untuk menggunakan YouTube sebagai media promosi, maka kamu harus mulai memikirkan video promosi seperti apa yang harus unggah ke Youtube.

Jika kamu ingin mengetahui seperti apa video promosi yang baik untuk promosi di YouTube dan kamu ingin memperlajari cara membuat video youtube yang layak untuk media promosi bisnis kamu, maka kamu bisa belajar di DUMET School, disana kamu bisa mengikuti kursus video editing yang akan sangat berguna untuk membuat video sebagai kebutuhan untuk promosi bisnis kamu di YouTube.

Berikut ini adalah tips memanfaatkan Youtube sebagai media promosi bisnis yang sedang kamu jalani.

1.    Gunakan Call to Action

Promosi di YouTube

Jika ada orang yang menonton video promosi kamu di youtube, maka kamu harus mengajak mereka untuk melakukan sesuatu. Contohnya seperti mengajak mereka untuk membeli produk yang kamu tawarkan, ikut mempromosikan video promosi bisnis kamu melalui jaringan media sosial mereka, atau hanya sekedar memberikan feedback dan subscribe dan lainnya.

Selain itu kamu juga bisa mengajak para audience kamu untuk memberikan komentar, mengevaluasi video promosi yang mereka tonton, berbagi video promosi yang kamu buat, berlangganan video, atau kamu juga bisa mengajak mereka melihat saluran YouTube kamu untuk melihat video promosi kamu yang lain.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cal to action ini untuk mengajak para penonton video promosi YouTube kamu untuk mengunjungi website bisnis yang kamu kelola dengan menawakan promosi untuk menerima layanan gratis atau diskon.

2.   Kelola Feedback

Promosi di YouTube

Harus kamu ketahui bahwa YouTube telah dirancang sampai sedemikian rupa untuk bisa menjadi lebih interaktif. Yang dimaksud dengan interaktif inilah yang bisa menjadi kekuatan untuk melakukan promosi di youtube, karena kamu bisa mendapatkan feedback secara langsung dari pelanggan dan bisa kamu tanggapi.

Oleh karena itu kamu harus selalu memperhatikan komentar dan juga memerhatikan peringkat video promosi yang sudah kamu unggah. Apabila kamu merasa kewalahan menanggapi komentar dari para pengunjung chanel kamu, maka kamu bisa matikan komentar ketika kamu mengunggah video promosi yang telah kamu buat.

3.   Lakukan Branding

Promosi di YouTube

Buatlah sebuah logo dan perlihatkanlah logo tersebut di awal dan akhir di setiap video promosi yang kamu unggah ke YouTube untuk memastikan bahwa semua orang yang menonton video promosi kamu bisa mengetahui seperti apa brand kamu. Adapun hal penting lainnya yaitu setiap video promosi yang diunggah ke chanel YouTube harus selalu konsisten dengan brand yang kamu miliki.

4.   Show, Not Just Tell

Promosi di YouTube

Harus kamu ketahui bahwa video bisa menjadi sebuah media yang sangat hebat untuk mempromosikan produk atau layanan. Oleh karena itu, kamu harus menggunggah video promosi kamu ke YouTube yang membahas mengenai memanfaatkan produk yang kamu miliki.

5.   Tingkatkan “Nilai” SEO

Promosi di YouTube

Dengan memasukkan sebuah video promosi ke website yang kamu kelola, maka hal ini bisa meningkatkan nilai SEO website kamu di search engine Google, sehingga semua orang yang menggunakan Google untuk mencari informasi akan lebih cenderung menelusuri website kamu.

Untuk melakukan hal ini kamu harus mencari keyword yang memiliki kemungkinan besar akan digunakan pada saat pengunjung akan mencari konten yang telah kamu buat. Pikirkan dengan baik kata-kata seperti apa yang mungkin saja akan digunakan semua orang di search engine, dan gunakanlah kata-kata tersebut menjadi keyword untuk video promosi kamu.

6.   Integrasikan dengan Media Promosi Lainnya

Promosi di YouTube

Kamu bisa menyematkan video promosi kamu di website, sehingga besar kemungkinannya website kamu akan diakses oleh orang yang tepat. YouTube memungkinkan kamu untuk menambahkan video promosi kamu ke website yang kamu kelola dan ke media sosial. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan website dan media sosial, atau saluran lain untuk mempromosikan bisnis kamu.

7.   Mengajak Audience untuk Berbagi Video

Promosi di YouTube

Mungkin kamu sudah mengetahui bahwa video dari YouTube bisa dibagikan melalui Facebook, Twitter, dan juga dibagikan di media sosial lainnya. Oleh karena itu kamu harus mengajak para audience kamu untuk membagikan video promosi yang kamu unggah.

8.   Lacak Seberapa Sering Video Ditonton di YouTube

Promosi di YouTube

Harus kamu ketahui bahwa YouTube dan juga Google telah menyediakan sebuah alat yang berfungsi untuk menganalisis setiap penggunaan konten atau video, dengan menggunakan alat ini kamu juga akan mengetahui siapa dan seperti apa profil orang yang melihat video promosi kamu.

Apabila kamu mengajak semua orang yang menonton video promosi kamu untuk bertindak, maka kamu bisa menggunakan alat ini untuk memantau tindakan tersebut. Misalnya, kamu menawarkan kode promosi dan membagikannya dengan yang lain. Kamu bisa melacak berapa orang yang menggunakan kode tersebut.

Dengan menggunakan YouTube sebagai salah satu media untuk mempromosikan bisnis atau menawarkan produk yang kamu jual, maka kamu akan mendapatkan kesempatan yang lebih banyak untuk mendapatkan customer, tapi ada beberapa risiko yang akan berdampak negatif pada upaya promosi kamu.

Meminimalisir Resiko dan Mencegah Masalah di YouTube

Promosi di YouTube

Selain memiliki dampak positif yang sangat berguna untuk media promosi, YouTube juga memiliki beberapa dampak negative yang akan menghancurkan brand kamu. Oleh karena itu kamu harus berhati-hati, kamu bisa meminimalisir resiko tersebut dengan mengikuti beberapa tips berikut ini.

1.    Unggah Video kamu Sendiri

Promosi di YouTube

Dalam mempromosikan bisnis di YouTube untuk memperluas pemasaran, maka kamu harus menggunakan video yang berkualitas dan video yang layak untuk ditonton. Banyak orang yang membuat video terlalu panjang dengan konten atau materi pembahasan yang membosankan.

Buatlah sebuah video dengan durasi yang tidak terlalu panjang tapi dengan konten yang padat, hal seperti ini akan membuat semua orang yang menonton video promosi kamu akan merasa tertarik dan antusias menonton video kamu sampai selesai.

Pada saat kamu mengunggah video promosi ke youtube, kamu bisa memantau data mengenai seberapa jauh penonnton menonton video promosi kamu sebelum mereka menonton video yang lain. Apabila video promosi yang kamu unggah tidak ditonton sampai selesai, maka buatlah sebuah video promosi yang lebih pendek dan jauh lebih menarik.

Untuk membuat video promosi yang layak dan video yang baik untuk digunakan sebagai alat promosi bisnis, kamu bisa mendalaminya di DUMET School, disana kamu akan mendapatkan pengetahuan mengenai konten video yang menarik untuk ditonton sehingga semua orang tertarik dengan produk yang kamu promosikan.

2.   Jadilah Pusat Perhatian, Viral Saja Tidak Cukup

Promosi di YouTube

Sebuah video yang sangat menghibur atau sangat menarik bisa menjadi video yang viral dan disukai banyak orang. Tapi kebanyakan video di YouTube yang tidak bisa mendapatkan lebih dari 100 tayangan maka video tersebut akan terkubur oleh video yang baru.

Pastikan kamu membuat sebuah video promosi yang tidak berdurasi terlalu panjang, sederhana, dan juga menarik untuk dilihat. Buatlah video promosi yang mampu memecahkan masalah, dan menghibur. Jika kamu tidak memiliki kemampuan yang baik dalam hal video editing, maka kamu bisa mengikuti kursus video editing di DUMET School.

Semua video promosi yang kamu unggah ke YouTube harus mempunyai sasaran yang tepat terkait dengan bisnis kamu. Contohnya seperti mengajak orang yang menonton video promosi kamu untuk membeli produk yang kamu jual. Hal seperti ini akan membangun hubungan emosional antara audience dengan bisnis kamu.

Apabila kamu membuat video promosi dan kemudian mengunggahnya di YouTube tanpa memiliki tujuan yang jelas, maka video promosi yang kamu unggah akan terkesan tidak konsisten sehingga penonton tidak bisa menangkap informasi tentang bisnis kamu.

Sekali lagi saya tekankan bahwa dalam memanfaatkan Youtube sebagai media promosi untuk memperluas pemasaran, kamu harus menyajikan video promosi yang menggambarkan tentang bisnis atau produk kamu secara konsisten.

Untuk dapat membuat video promosi yang menarik dan video promosi yang layak untuk ditonton, kamu bisa mengikuti kursus video editing untuk menunjang keperluan promosi bisnis kamu. Dengan memanfaatkan YouTube sebagai media promosi, maka kamu akan mendapatkan peluang yang lebih besar untuk memperluas pemasaran.

No comments: